Kamis, 07 November 2013

Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Bengkoang

Manfaat buah bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan membuat buah ini cukup diminati di masyarakat. Selain harganya murah, buah ini memiliki rasa manis dan mengandung air yang cukup. Bengkoang termasuk dalam kategori kacang-kacangan dan buah, biasanya digunakan sebagai pelengkap salad. Buah yang memiliki nama latin yaitu pachyhirus erosus ini sebenarnya berasal dari Amerika dengan Negara yang Tropis dan termasuk dalam keluarga kacang-kacangan atau dalam istilah biologi disebut leguminosa. Akar tanaman akan membentuk mencepai melingkar dan berat 5 pon. Kulit luar berwarna kekuningan, sedangkan daging putih. Isi utama dari buah ini adalah gula, pati, kalsium, dan fosfor.

Buah bengkoang mengandung cukup vitamin C. Seperti kita ketahui, vitamin C adalah sangatlah baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita karena sebagai antioksidan dan dapat menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit. Selain itu, vitamin C juga merupakan sumber alami antioksidan yang dapat membantu mencegah radikal bebas dalam tubuh. Selain vitamin C, buah begkoang juga mengandung cukup banyak Vitamin B1 yang memiliki manfaat untuk mencegah pernyataan tentang ksehatan seperti beri-beri. Manfaat buah bengkoang yang lain adalah untuk pencegahan dehidrasi karena mengandung cukup banyak air. Fakta lain dari ubi ini yang mengejutkan adalah kemampuannya untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Buah bengkoang dikonsumsi secara teratur dapat membantu kita untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
Ternyata bengkoang juga mengandung phytoestrogen yang sangat berguna bagi wanita menopause. Kandungan serat yang tinggi dalam buah bengkoang dapat mencegah kita dari beberapa masalah kesehatan pencernaan seperti sembelit atau sulit buang air atau besar dan kanker usus besar. Kemudian bengkoang juga mempunyai manfaat kesehatan adalah bahwa hal itu dapat membantu tubuh dalam menurunkan kadar glukosa. Jadi, makan bengkoang bisa menghindarkan kita dari risiko diabetes. Dan bagi Anda yang sedang diet, makan buah bengkoang juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Manfaat Lain Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain manfaat di atas, buahbengkoang juga memiliki manfaat lain seperti di bawah ini :
  1. Buah bengkoang berguna untuk mengobati penyakit ginjal dan empedu. Kalium dan fosfor terkandung dalam potongan bengkoang berguna untuk mengobati batu ginjal dan empedu. Tentunya sebelumnya telah berkonsultasi secara langsung terlebih dahulu ke dokter ahli.
  2. Buang bengkoang yang berguna untuk membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Banyak serat dalam buah sangat baik untuk membantu memperlancar pencernaan dalam tubuh dan mencegah sembelit karena kekurangan serat.
  3. Buah bengkoang dapat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Zat kimia yang terkandung dalam buah ini untuk mengontrol kadar gula darah.
  4. Bengkoang sebagai buah yang bisa berguna untuk menghentikan diare. Kandungan serat dalam buah dapat berguna untuk menghentikan diare, satu-satunya cara untuk mengkonsumsinya secara langsung.
  5. Bengkoang buah berguna untuk mencegah kanker. Dengan mengkonsumsi buah ini setiap hari dapat bermanfaat untuk mencegah kanker.
  6. Buah ini berguna untuk mengobati luka bakar. Kadar air hadir dalam buah ini adalah mempunyai sifat menenangkan dan sejuk. Dengan buah ini diparut dan dkenakan pada luka bakar diyakini menyembuhkan luka bakar.
  7. Buah bengkoang ini berguna untuk menjaga kelembaban kulit. Kadar air, kalsium dan vitamin C dalam buah ini sangat baik untuk kulit. Hal ini dapat dikonsumsi secara langsung, buah biasanya digunakan sebagai bahan untuk masker dan sebagai kecantikan.
  8. Bengkoang berguna untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang diet Anda harus mengkonsumsi buah ini, karena buah tidak mengandung lemak dan mengandung lebih banyak air dan serat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar