Rabu, 12 September 2012

Berita Utama

Dubes AS untuk Libya Tewas Diroket

Duta Besar Amerika Serikat untuk Libya jadi satu di antara empat orang diplomat AS yang tewas di Benghazi, Selasa (11/9/2011) malam waktu setempat.

“Dubes AS dan tiga anggota staf terbunuh akibat ditembak dengan roket,” ujar seorang pejabat di Benghazi seperti yang dikutip dari Reuters.

Menurut berita yang dilansir Sky News, tidak diketahui apakah keempat diplomat itu diserang saat tengah berada di dalam bangunan Konsulat di Benghazi atau saat berada di mobilnya.

Selasa malam itu, gedung konsulat Benghazi diserbu oleh sekelompok pemrotes bersenjata yang tengah mengecam keberadaan film “The Innocence of Muslims” yang dianggap menghina Nabi Muhammad SAW. Saksi mata mengatakan, serbuan itu diikuti dengan penjarahan dan orang-orang terlihat membawa kursi, meja dan mesin cuci dari dalam gedung.

Pejabat di Benghazi mengatakan bahwa Kedubes AS sudah mengirim pesawat untuk menjemput jenazah dubes itu dan akan membawanya ke Tripoli untuk kemudian diterbangkan ke Amerika.

Meski begitu, seorang pegawai di Kedubes AS di Tripoli tidak bisa memastikan bahwa yang tewas adalah dubes mereka. “Kami tidak punya informasi tentang ini,” katanya.

Selain di Benghazi, protes terhadap film yang dituduh menghina Nabi Muhammad itu juga terjadi di Kedubes AS di Kairo, Mesir. Demonstran menurunkan bendera AS dan membakarnya, tetapi tidak ada laporan korban luka ataupun tewas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar