Jumat, 18 Januari 2013

Kesehatan

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Buah apel merupakan salah satu buah yang sangat populer dengan masyarakat Indonesia. Selain karena memiliki rasa yang menyegarkan, anda juga dapat dengan mudah mendapatkan buah ini, misalnya di pasar tradisional, supermarket dan bahkan di kebun apel. Kelebihan lain dari buah ini adalah anda dapat memperoleh berbagai manfaat buah apel yang mungkin tanpa anda sadari.
manfaat buah apel

Pada kesempatan kali ini admin akan mencoba membagikan mengenai menfaat buah apel khusunya untuk kesehatan. Berikut beberapa uraian mengenai manfaat buah apel untuk kesehatan:

1. Mencegah asma
Manfaat buah apel yang pertama ini mungkin agak asing untuk anda. Tetapi memang menurut studi, anak yang rutin mengkonsumsi buah apel memiliki resiko yang rendah terkena gangguan saluran pernafasan khususnya asma daripada anak yang hanya mengkonsumsi buah apel sebulan sekali. Selain iu, hal ini juga berlaku untuk ibu hamil. Pada ibu hamil yang rutin mengkonsumsi buah apel, maka anak yang akan dilahirkan juga memiliki resiko rendah terkena asma.

2. Mencegah pikun atau al-zheimer
Manfaat buah apel yang kedua ini disebabkan karena adanya kandungan quercetin. Senyawa ini mampu melindungi otak dari radikal bebas, sehingga resiko terkena al-zheimer sangat rendah.

3. Membantu menurunkan berat badan
Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, sangat dianjurkan untuk memasukkan buah-buahan ke dalam menu diet anda khususnya buah apel. Manfaat buah apel ini dikarenakan kandungan serat yang cukup tinggi sehingga akan menyebabkan penundaan rasa lapar. Buah apel ini sangat efektif untuk meningkatkan keberhasilan program diet anda.

4. Mengurangi resiko kanker usus
Dalam buah apel mengandung pektin yang cukup tinggi. Senyawa inila yang berperan dalam mencegah terjadinya kanker usus. Selain itu, manfaat buah apel juga membantu memperlancar pencernaan dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

5. Mencegah kanker paru-paru
Menurut para ahli bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi buah apel dalam bentuk segar maupun jus, memiliki resiko lebih rendah terseran kanker paru-paru. Hal ini diduga karena peran dari flavonoid dan quercetin yang terkandung dalam buah apel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar