Kamis, 13 Juni 2013

Inilah Manfaat Berolahraga Dalam Air

Menurut penelitian terbaru, berolahraga dalam air ternyata memiliki manfaat kesehatan yang sama baiknya dengan berolahraga di darat.
 

Penelitian ini menemukan bahwa orang yang bersepeda ergocycle, latihan bersepeda di kolam renang, memiliki manfaat yang setara dengan sepeda stationary pada umumnya.

“Jika Anda tak bisa berolahraga di darat, Anda bisa berolahraga dalam air. Olahraga di dalam air itu memiliki manfaat yang sama dalam hal meningkatkan kebugaran aerobik,” ujar Martin Juneau, direktur pencegahan di Montreal Heart Institute.

Martin menambahkan, orang banyak yang menganggap bahwa berolahraga di dalam air tidak memiliki manfaat yang sama seperti berolahraga di darat. Dengan adanya hambatan air saat Anda bergerak, bukan berati Anda tidak mampu berolahraga secara maksimal.

Penelitian ini melibatkan para peserta sehat yang melakukan tes bersepeda di darat dan bersepeda mesin di air (dengan air sampai setinggi dada). Lalu, mereka meningkatkan intensitas menit demi menit sampai kelelahan.

Juneau melaporkan, konsumsi oksigen maksimal – yang memberitahu Anda apakah itu adalah latihan yang baik – tercatat hampir sama dengan saat menggunakan kedua jenis sepeda tersebut.
Rekannya Mathieu Gayda, ahli fisiologi olahraga klinis di Montreal Heart Institute, mengatakan:

“Latihan selama berendam di air mungkin bahkan lebih efisien dari sudut pandang kardiorespirasi.”
Temuan lain, menurut Juneau, adalah detak jantung dari para peserta sedikit lebih rendah di dalam air.

“Anda memompa lebih banyak darah untuk setiap detak, sehingga Anda tak perlu banyak denyut jantung, karena tekanan air pada kaki dan tubuh bagian bawah membuat darah kembali lebih efektif ke jantung. Ini data menarik yang belum pernah dipelajari secara keseluruhan sebelumnya,” tambah Juneau.

Temuan ini dipresentasikan pada Canadian Cardiovascular Congress.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar