Rabu, 20 Februari 2013

Tanya:
Mengapa setiap ibu saya minum obat, jantungnya selalu berdebar lebih kencang? Kadang-kadang bahkan mata atau bibirnya juga jadi bengkak. Jadi setiap berobat ke dokter dan diberi obat, obatnya tidak pernah diminum. Mohon pencerahannya.
Hans, Depok

Jawab:
Dear Hans,

Memang terdapat obat-obatan jenis tertentu yang apabila diminum dapat menyebabkan efek samping berupa jantung yang berdebar-debar (palpitasi). Apabila hal ini sering terjadi, sebaiknya sampaikan ke dokter setiap kali ibu Anda berobat. Dokter pasti akan menyesuaikan pemberian resepnya supaya memberikan efek samping seminimal mungkin bagi pasien.

Anda juga bisa meminta informasi kepada dokter tersebut tentang obat mana sajakah dari resepnya yang mungkin menyebabkan efek samping palpitasi jantung berdebar-debar.

Mata dan bibir yang bengkak bisa disebabkan oleh adanya alergi (hipersensitif) terhadap jenis zat obat tertentu. Pada keadaan seperti ini, memang sebaiknya pemakaian obat yang dicurigai menyebabkan keadaan alergi tersebut dihentikan. Saat ibu Anda kembali memeriksakan diri ke dokter, sampaikan hal ini agar dokter dapat mempertimbangkan untuk mengganti obat tersebut dengan jenis obat lain yang memiliki khasiat yang sama.

Kemungkinan yang lain adalah bisa juga ibu Anda menderita gangguan tertentu pada jantungnya, terutama pada irama jantungnya. Saya menyarankan apabila gejala ini sering terjadi, sebaiknya periksakan ibu Anda ke dokter. Minimal lakukan pemeriksaan fisik jantung, pemeriksaan EKG (elektrokardiografi/rekam jantung), dan foto rontgen dada.
 
dr. JanfrionalDari ketiga pemeriksaan awal bagi jantung tersebut, akan dapat dilihat secara garis besar bagaimana kondisi kesehatan jantung ibu Anda.

Semoga membantu. Terima kasih.



dr. Janfrional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar