Minggu, 09 Februari 2014

Berita Buku Minggu Ini, 9 Februari 2014


Setiap akhir pekan, kami akan memilihkan berita-berita atau tautan terbaik soal buku dan membaca untuk Anda yang terjadi dalam sepekan terakhir.

Berita atau tautan ini bisa soal penerbitan buku baru, pernyataan atau wawancara dari seorang penulis, resensi, atau hal-hal menarik untuk merayakan asyiknya membaca.

Berikut link pilihan kami pekan ini:

50 Buku karya penulis perempuan
Jika Anda ingin bergabung dalam gerakan membaca karya penulis perempuan yang populer di Twitter lewat tagar #readwomen2014, situs Flavorwire memiliki rekomendasi tersendiri. Penulis dan kritikus Michelle Dean membuat daftar 'kurikulum' buku-buku apa saja yang bisa jadi pengantar untuk membaca karya-karya penulis perempuan yang mungkin jarang diketahui oleh pembaca luas.

Siapakah Clarice Lispector?
Pada suatu masa, penulis ini mewakili Brasil modern, seangkatan dengan musisi Caetano Veloso dan arsitek Oscar Niemeyer. Namun, namanya seolah menjadi mitos tersendiri. Lispector disebut menulis seperti Virginia Woolf dengan muka seperti Marlene Dietrich. Lima novelnya kini diterbitkan ulang oleh Penguin Classics. Karyanya disebut jadi penerus James Joyce dan Kafka. Tapi siapa dia sebenarnya? Apakah benar dia seorang perempuan? Seorang laki-laki yang memakai nama perempuan? Sebuah pseudonim? Seorang pendusta? Artikel The Telegraph ini berusaha menelusuri identitasnya.

Pentingkah plot pernikahan?
Novel-novel abad 19 selalu penuh dengan plot pernikahan. Dinamika kisah seorang pria dan perempuan saling terhubung, terjauhkan, terlepas, lalu tersambung lagi sering menjadi penggerak utama novel-novel era tersebut. Lalu bagaimana di abad 21? Apakah plot itu masih laku dijual ke pembaca?

Setiap akhir pekan, halaman resensi New York Times mengundang dua penulis berbeda untuk membahas topik-topik dalam literatur modern. Kali ini, Francine Prose dan Dana Stevens membahas bagaimana plot pernikahan dalam sastra (dan film) berevolusi menanggapi kisah percintaan di era modern ini.

Antara buku dan televisi
Tumblr Slaughterhouse 90210 membuktikan bahwa buku tak seserius itu, ia bisa menjadi pengantar buat serial televisi favorit. Dan TV tak sedangkal itu, ia bisa punya kedalaman yang sama seperti yang ada di buku-buku. Tumblr milik Maris Kreizman itu memang terkenal menggabungkan adegan-adegan dalam serial televisi populer (atau karakter tertentu) dengan kutipan yang sesuai dengan novel-novel yang dia baca. Tumblrnya itu kini akan menjadi sebuah buku lagi. Lihat Tumblrnya untuk melihat bagaimana Kreizman mencocokkan kutipan dengan adegan dalam serial televisi yang dia tonton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar