Senin, 17 Desember 2012

Jika Lidah tak Dapat Mengecap Rasa Dengan Baik

Tanya:
Kenapa ya, setiap aku minum teh pahit atau teh tawar, kok rasa minumanku manis seperti teh manis? Bahkan melebihi manisnya teh manis. Kadang sering aku tuduh keluarga/kawanku bahwa mereka memberi gula ke minuman yang kuminum, padahal tidak. Tolong infonya ya.

Juni, 19 tahun, Medan

Jawab:
Dear Juni,

Gangguan pengecapan yang Anda alami ini dikenal dengan nama disgeusia. Gangguan rasa bisa disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atau telinga, dan kadang dialami oleh orang yang sedang menjalani radiasi atau kemoterapi sebagai metode pengobatan. Dapat juga dialami oleh mereka yang pernah menjalani operasi hidung, tenggorokan, atau telinga, atau pernah mengalami cedera kepala serta kurang menjaga kebersihan mulut.

Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin mengalami gangguan rasa sementara akibat mengonsumsi obat atau antibiotik. Terlalu lama terpapar pada bahan kimia kuat seperti insektisida juga dapat menyebabkan gangguan ini.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter THT. Gangguan yang bersifat sementara lazimnya bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Dalam beberapa kasus, gangguan rasa mungkin bersifat permanen. Dalam kondisi ini, pengobatan hanya bisa berperan sampai taraf tertentu, tanpa bisa mengembalikan kondisi seperti sediakala.

 
dr. Margareta AmeliaMeskipun seorang pasien tidak dapat mengecap rasa seperti manis atau gurih, jangan terus menambahkan gula atau garam sampai lidah bisa mengecapnya. Hal ini justru akan berbahaya dalam jangka panjang di mana pasien berpotensi mengalami masalah lain seperti diabetes atau tekanan darah tinggi.

Yang jelas, hilangnya rasa tidak boleh dianggap enteng dan harus segera dikonsultasikan dengan dokter. Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar