Sabtu, 13 Oktober 2012

Pengetahuan Umum

Rumus SEHAT Menghadapi Perubahan Musim

Saat perubahan dari musim kemarau ke musim penghujan (pancaroba) sering mewabah berbagai penyakit, seperti flu. Agar dapat tetap sehat dan bugar kita harus cerdas menghadapinya dengan pola hidup dan makan yang tepat demi menjaga sistem pertahanan tubuh kita.

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun adalah sistem perlindungan dari pengaruh luar biologis yang dilakukan oleh sel dan organ khusus pada suatu organisme. Jika sistem kekebalan bekerja dengan benar, sistem ini akan melindungi tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus serta menghancurkan sel kanker dan zat asing lain dalam tubuh.

Sebaliknya, jika sistem kekebalan melemah, kemampuannya melindungi tubuh juga berkurang, sehingga menyebabkan patogen, termasuk virus yang menyebabkan penyakit, dapat berkembang dalam tubuh. Kekuatan dari aktivasi kekebalan tubuh ini dipengaruhi juga oleh asupan gizi yang diterima oleh tubuh.
Pramono, ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulun Banjarmasin membagi rumus SEHAT agar sistem kekabalan tuhuh optimal.

"Rumus SEHAT adalah S-eimbangkan Gizi , E-nyahkan rokok, H-indari Stress, A-wasi tekanan darah dan T-eratur berolah raga serta T-idur yang cukup dan berkualitas," papar Pramono dalma tulisannya di grup facebook Gerakan Sadar Gizi.

Bagaimana caranya menerapkan rumus tersebut? Untuk menyeimbangkan giiz, secara khusus makanan-makanan yang mampu meningkatkan system pertahanan tubuh adalah:

* Selenium.
Selenium berperan dalam melindungi jaringan-jaringan dari kerusakan radikal bebas. Jaringan sehat lebih sigap dalam mengirimkan pesan ke sistem imun ketika virus mencoba menyerang. Sumber selenium yang baik adalah tuna, daging sapi, ayam, dan roti gandum.

* Bawang putih.
Dalam studi di Inggris, orang-orang yang mendapatkan suplemen bawang putih yang sakit lebih cepat sembuh dan berkemungkinan lebih kecil terinfeksi ulang. Ingredien aktif dalam bawang putih, allicin dan zat-zat antimikrobial menghambat penyebaran kuman. Untuk mendapatkan khasiat ini, gunakan bawang putih sebagai bumbu masak dalam jumlah banyak.

* Zinc.
Zat ini membantu tubuh memproduksi interleukin-2, suatu protein yang meningkatkan aktivitas sel-sel alamiah pembunuh virus dari sistem imun. Makanan yang kaya zinc seperti kerang, kepiting, ayam, dan serelia.
Kesehatan
  • Waspadai Gangguan Penglihatan Anak Usia Sekolah
  • Jaga Variasi Makanan Pada Anak
  • Bijak Mengusapkan Minyak Telon Pada Bayi
  • Deteksi Penyakit Dari Telapak Tangan, Kuku dan Jari
  • Kematian Akibat Penyakit Jantung Koroner Capai 53,5 %

Tidak ada komentar:

Posting Komentar